Perjalanan Yessica Yessy dari Model ke MUA Profesional di Kalimantan Barat

TrendNews – Yessica Yessy, seorang Makeup Artist (MUA) profesional yang berdomisili di Kota Pontianak, semakin dikenal di kalangan pecinta tata rias di Kalimantan Barat.

Perjalanan karier Yessica di dunia kecantikan dimulai dari kegemarannya akan makeup saat masih terjun di dunia pageant dan sebagai presenter di Inews TV.

Kewajiban untuk selalu tampil menawan di depan kamera membuatnya mempelajari seni makeup secara otodidak, hingga akhirnya mulai memberanikan diri merias orang lain.

Yessica mengakui bahwa bakat makeup yang dimilikinya berasal dari pembelajaran mandiri.

Untuk terus mengasah kemampuannya, Yessica sering mengikuti workshop dari para MUA ternama di Indonesia yang menjadi inspirasinya, serta aktif berbagi hasil karyanya di media sosial.

Wanita yang kini bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Gubernur Kalimantan Barat ini, sebelum terjun ke dunia MUA, pernah menorehkan berbagai prestasi di bidang modeling.

Beberapa prestasi yang pernah diraihnya antara lain Putri Borneo Berbakat 2016, Runner Up Dara Gawai Kalbar 2016, serta Runner Up Dara Wisata Bengkayang 2010.

Selain itu, Yessica juga pernah menjadi Presenter di Inews TV selama dua tahun.

Namun, setelah menikah dan memutuskan untuk lebih fokus pada keluarga, Yessica memilih untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai presenter dan membagi waktu antara menjadi ASN dan MUA.

“Senin sampai Jumat saya bekerja sebagai ASN, dan Sabtu, Minggu saya menjadi MUA,” ujarnya ke Trendnews, Kamis (29/8).

Yessica yang dikenal sebagai pribadi produktif dan selalu ingin memberikan manfaat bagi banyak orang, sering membagikan cuplikan kegiatannya di media sosial.

“Saya ingin menginspirasi wanita lain untuk menjalani passion mereka sepenuh hati,” tambahnya.

Menjadi MUA bukan sekadar profesi bagi Yessica, melainkan juga sebuah bentuk refreshing dan penyaluran hobi yang kini juga menghasilkan pendapatan.

Baca Juga  Jadwal Lengkap Euro 2024 Hari Ini: Spanyol vs Kroasia dan Italia vs Albania

Sebelum menjadi narasumber di berbagai kelas tata rias, Yessica memulai karier makeup-nya dengan merias wisudawan dan keluarga pengantin, hingga mampu menangani rias pengantin.

Pengalaman tak terlupakan selama proses tersebut, seperti yang diceritakan Yessica, adalah saat ia masih menggunakan motor untuk pergi merias.

“Pernah terkena hujan, kuas makeup basah, dan harus dikeringkan dulu. Untungnya, klien saya tidak terburu-buru,” kenang ibu dua anak ini.

Seiring perjalanan kariernya, Yessica telah menjadi narasumber di berbagai beauty class, antara lain untuk Pemilihan Bujang dan Dara Gawai Kalbar, serta kelas tata rias yang diselenggarakan oleh berbagai brand makeup ternama seperti Make Over, LT Pro, dan Azarine.

Tahun 2023, ia juga menjadi narasumber di kelas tata rias bagi pelaku UMKM yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sanggau.

Ke depannya, Yessica akan menjadi narasumber di beberapa acara tata rias, seperti yang akan diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar pada 3-4 September 2024, serta acara yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkayang pada 30 Agustus 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *