Ninja ZX-10RR 2025: Moge Balap Homologasi dengan Sentuhan Baru

TrendNews – Kawasaki kembali membuat gebrakan di dunia superbike dengan meluncurkan Kawasaki Ninja ZX-10RR model tahun 2025..

Mengusung tampilan yang semakin garang, Ninja ZX-10RR ini hadir dengan warna baru Metallic Matte Graphenesteel Gray, yang sekilas mengingatkan pada pesawat tempur siluman F-22 Raptor dengan kelir abu-abu polos.

Pada bagian fairing, terdapat logo RR dan Kawasaki yang menjadi identitas khas dari moge superport andalan pabrikan Jepang ini.

Meskipun hadir dengan warna baru, spesifikasi Ninja ZX-10RR 2025 masih mempertahankan performa dan fitur unggulan dari model sebelumnya.

Sebagai versi homologasi untuk kejuaraan World Superbike (WSBK), ZX-10RR dibekali sejumlah komponen berperforma tinggi yang dirancang khusus untuk penggemar balap.

Di antaranya adalah selang rem depan berbahan baja tahan karat, setang piston titanium, serta kepala piston Pankl dengan pin berbahan Diamond-Like Carbon (DLC) yang dikenal mampu meningkatkan daya tahan dan performa.

Di sektor kaki-kaki, ZX-10RR dilengkapi dengan pelek Marchesini berbahan aluminium forged model palang 7, yang dipadukan dengan ban Pirelli Diablo Supercorsa.

Kombinasi ini menjanjikan grip maksimal, khususnya di lintasan kering, sehingga memberikan kepercayaan diri lebih bagi pengendara.

Fitur menarik lainnya adalah Variable Air Intake System (VAI), yang memungkinkan saluran asupan udara diperpanjang atau dipendekkan untuk meraih performa optimal di berbagai rentang putaran mesin, baik high maupun low-mid RPM.

Namun, untuk mengaktifkan fitur ini, pengendara harus menambahkan kit balap yang terdiri dari ECU kit dan subkontroler untuk mengatur buka-tutupnya.

Dapur pacu Ninja ZX-10RR 2025 tetap mengandalkan mesin 4-silinder berkapasitas 998 cc DOHC 16 klep dengan pendingin cairan.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 207,2 dk pada 13.600 rpm saat Air Ram aktif, dengan torsi puncak mencapai 110 Nm pada 11.500 rpm, yang disalurkan melalui transmisi 6-speed dilengkapi quick shifter.

Baca Juga  Perbandingan Adaptasi Film dari Novel Terkenal

Sistem suspensi juga tak kalah mumpuni, dengan suspensi depan upside down Showa BFF dan monoshock Showa BFRC lite, keduanya sudah fully adjustable untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Untuk mendukung performa di trek, ZX-10RR dilengkapi dengan berbagai electronic riding aids, termasuk Kawasaki Cornering Management Function (KCMF), Sport-Kawasaki Traction Control (S-KRTC), Kawasaki Launch Control Mode (KLCM), hingga Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System (KIBS), yang semuanya dikendalikan oleh Inertial Measurement Unit (IMU) dari Bosch.

Di area kokpit, pengendara disuguhi panel instrumen full digital dengan layar TFT, yang dilengkapi switch pengaturan electronic cruise control, memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengontrol berbagai fitur canggih yang ada pada motor ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *